BERANDA

Minggu, 26 Februari 2012

SMPN 1 Sumedang Siapkan 2 Lokal RKB Untuk Siswa CI

Sumedang, AWI Sumedang
SMPN 1 Sumedang siapkan dua lokal Ruang Kelas Baru (RKB) untuk Siswa Cerdas Istimewa (CI).
Dua ruang belajar baru tersebut disiapkan, karena selama ini dalam kegiatan pembelajaran masih menggunakan ruang yang bukan peruntukannya.
“Rencananya, dua ruang baru tersebut akan digunakan untuk dua kelas CI yang pada tahun ajaran 2011/2012 ini ada tiga kelas. dua kelas IX yang masing-masing jumlah siswanya 46 orang dan satu kelas VII yang jumlah siswanya  39 orang, disamping siswa reguler 23 Kelas, yang terdiri masing-masing Sembilan kelas VII, kelas VIII dan IX.” ungkap Drs. Arifin,M.Pd, Kepala Sekolah SMPN 1 Sumedang, melalui Wakil Kepala Sekolahnya.
Dikatakan Arifin, pendaftaran dan seleksi Kelas CI  lebih awal dari kelas regular biasa, “Untuk bisa masuk Kelas Akselerasi atau Cerdas Istimewa(CI), salah satu syaratnya adalah nilai rata-rata raportnya minimal 7.5, lalu mengikuti  test IQ dan kemudian seleksi. Hasil test IQ harus 125 ke atas, kemudian harus ada komitmen dan persetujuan orang tua siswa serta lulus test akademis yang merupakan akumulasi nilai test IQ, tertulis dan lainnya, “ Dikatakannya juga, tahun ajaran 2011/2012, ada 120 peserta yang mendaftar dikelas CI, setelah proses test akademis dan lainnya, hanya 40 siswa yang layak dan memenuhi syarat.
 “ Mengenai  kurikulum sebenarnya sama dengan kelas regular, hanya saja untu materi satu tahun yang ditempuh kelas biasa, kalau kelas CI bisa diselesaikan dalam waktu 8 bulan , jadi, mereka bisa menyelesaikan studinya sekitar 2 tahun. Lebih cepat sekitar satu tahun dari kelas regular !, “ tandasnya. “Bedanya dengan kelas regular, Kelas CI bisa lebih cepat. Hal ini dikarenakan materi pelajarannya dipadatkan. Kemudian, disamping tenaga pendidik yang dipersiapkan khusus dan hasil seleksi, juga diberikan pengayaan tambahan, tugas-tugas yang beda serta dalam Kegiatan Belajar Mengajar(KBM)-nya juga ditunjang dengan fasilitas-fasilitas lebih. Misalnya perangkat multimedia, Seperti  jaringan Internet, Infocus, computer jinjing dan lainya. Karena dalam penyampaian materi ajar, penyampaiannya diharapkan dipadukan dengan penggunaan IT “Imbuh Arifin.
untuk pembinaan motivasi belajar, Ada Guru Bina yang tugasnya untuk melakukan pembinaan, bimbingan serta melakukan pendekatan terhadap siswa yang mengalami permasalahan dalam kegiatan belajarnya, pungkasnya.(Teddy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar