BERANDA

Jumat, 18 November 2011

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Wilayah IV, Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam KBM, Sekolah Harus Efektif

Situraja, AWI Sumedang On Line
 “Ciri-ciri utama sekolah yang efektif bisa terlihat dari kualitas kepemimpinan kepala sekolahnya, prestasi siswa, lingkungan belajar, penekanan terhadap keterampilan dasar, perumusan yang jelas serta kontinuitas pemantauan , “ hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan (Mutendik) Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Drs. Timbul  Kusdijantono, MM, saat menyampaikan materi dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Wilayah IV di SMPN 1 Situraja,  Jum’at (18/11) lalu.
Musyawarah para kepala sekolah lanjutan tingkat pertama yang dihadiri 16 kepala sekolah dari 19 SLTP di Wilayah IV dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Drs. H. Sanusi Mawi, M.Si, kali ini membedah materi yang Bertajuk Reformasi Manajemen Pendidikan dan Peningkatan Kinerja Pendidik Serta Tenaga Kependidikan secara Global.
Dikatakan Timbul, bahwa dalam mengukur keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar, jangan hanya melihat dari nilai atau skornya saja, tetapi prosesnya juga. Pembelajaran sudah berubah, termasuk kinerja-kinerja guru. Untuk kinerja, pengukurannya nanti ada pra penilaian yang akan dijalankan.
“ Dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, tidak seperti memperbaiki benda mati, tetapi harus merubah ‘Main Set’-nya, dimana dalam prosesnya memerlukan waktu, “ pungkas Timbul ketika dimintai pendapatnya mengenai peningkatan motivasi belajar siswa.
Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 1 Situraja, Drs. Wihanta, M.Pd,  pada saat yang sama mengatakan, bahwa setting program kegiatan untuk wilayah IV minimal akan dilakukan  sebanyak 17 kali pertemuan , ” Disepakati pelaksanaannya setiap hari Jum’at. Mengenai waktu, tempat dan lainnya sudah terjadwal, bahkan kegiatannya tidak selalu dilaksanakan didalam ruangan, tetapi  juga kegiatan keluar, seperti monitoring MGMP, study banding ke sekolah lain, dan sebagainya, “ kemudian, lanjut Wihanta, “ Dari hasil Evaluasi kegiatan yang sudah berjalan hingga tahun ke-3 ini, terlihat pengaruh yang dominan terhadap peningkatan kinerja guru dan ‘out put’ dari seluruh kegiatan tentunya, yaitu meningkatnya prestasi belajar atau kualitas peserta didik, “ ungkap Wihanta yang juga Ketua K3S Wilayah IV ini. (Teddy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar